Sabtu, 16 Agustus 2014

Buah untuk Bayi



Selain menyehatkan, buah juga merupakan jenis makanan yang segar dan kaya manfaat. Beragam manfaat buah dapat dirasakan apabila dikonsumsi secara teratur. Vitamin A, Vitamin C, vitamin E, B, sinc, kalium dan berbagai mineral lainnya dalam buah sangat bermanfaat oleh tubuh.
Bukan hanya orang dewasa, anak kecil pun termasuk bayi juga boleh mengkonsumsi buah. Namun bagi anak bayi ada beberapa buah yang disarankan karena memiliki kandungan gizi yang dapat menunjang pertumbuhan sang bayi.
Buah apa saja yah itu? Berikut penjelasan dan 5 buah-buahan yang baik untuk bayi:
Pisang
Buah ini sudah sangat akrab oleh masyarakat Indonesia, selain harganya yang relative murah, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat bagus. Bagi bayi, buah lembut ini sangat baik dilumat oleh bayi untuk awal pemberian MPASI (makanan pendamping air susu ibu), serat B2, B6 dan vitamin C, zat besi, magnesium, kalsium, selenium dan mineral merupakan zat gizi yang sangat baik untuk bayi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi pisang dan makanan bersumber kalium akan memiliki resiko lebih kecil untuk mengalami arterosklerosis dan tekanan darah tinggi. Namun mengkonsumsinya pun juga butuh takaran, karena apabila terlalu banyak dapat berakibat sembelit.
Pepaya
Buah tropis yang beerbentuk lonjong ini sudah dapat dikonsumsi oleh bayi usia 7 bulan ke atas. Buah ini kaya kandungan vitamin A, B1, B2, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu kandungan serat dan kandungan enzim papin yang ada dalam buah pepaya sangat bagus untuk percernaan bayi. Oleh karenanya pepaya dapat digunakan untuk mengatasi masalah sembelit. Namun sebagai catatan, buah pepaya ini tidak disarankan sebagai buah pertama yang dikonsumsi oleh bayi. Ada baiknya bayi dikenalkan dengan buah yang lebih mudah dicerna terlebih dahulu.
Pir
Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dengan kandungan gula fruktosa dan glukosa. Salin itu, pir juga mengandung banyak vitamin A, B, C, kalium, kalsium dan lainnya. Pir termasuk buah yang rendah akan kandungan sodium dan tidak mengandung lemak jahat. Buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit pada bayi. Untuk dikonsumsi bayi, buah ini dapat diberikan dalam bentuk jus.
Apel
Buah ini juga termasuk baik untuk bayi. Kandungan seratnya, serta zat penting seperti antioksidan, vitamin A, C, E, Folat, mineral kalium, kalsium, fosfor, dan mineral lainnya, juga sangat penting bagi tubuh bayi. Buah ini dapat diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas. Buah ini dapat diberikan dalam bentuk sajian jus atau potongan-potongan buah yang kecil.
Alpukat
Buah alpukat merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk bayi. Tekstur buah yang lembut dan rasa yang enak bisa dijadikan pilihan yang pas sebagai MPASI. Buah ini juga kaya akan nutrisi. Selain kaya akan asam folat, alpukat juga kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata, vitamin E untuk kulit, Niasin, vitamin B, zat besi, serat, kalium, fosfor, magnesium, dan lain-lain. Kandungan lainnya adalah alpukat memiliki kandungan lemak yang bagus yaitu lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ini sangat bagus untuk pertumbuhan sel otak bayi. Alpukat dapat diberikan kepada bayi mulai usia 6 bulan ke atas dengan cara dihaluskan atau dicampur dengan jenis buah lainnya seperti pir, pisang, lalu ditambah sedikit susu.
Jeruk Baby
Dari beberapa jenis jeruk, yang paling nikmat menjadi bahan jus adalah jeruk baby. Dinamakan jeruk baby karena rasanya manis, tidak asam sehingga aman untuk dikonsumsi bayi. Meski bernama baby yang identik dengan mungil, jeruk ini memiliki ukuran mirip jeruk kebanyakan. Penentuan kualitas ini berdasarkan berat dan bentuk jeruk. Jeruk kualitas A memiliki berat 150 gram (gr) hingga 200 gr dan Kulit buah mulus tanpa cacat. ( sunpride).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar