Rabu, 25 November 2015

Istana Maimun , Medan , Sumatera Utara

Salah satu daya tarik wisata kota Medan adalah Istana Maimun . Didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.
Istana Maimun menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia. (wikipedia).
Untuk merawat / memelihara warisan budaya ini , selain mendapat bantuan dari Pemerintah , pihak Istana Maimun mengenakan karcis masuk sebesar Rp 5000 ( lima ribu rupiah ) per kepala dan menyewakan lahan nya untuk kios - kios souvernir . Dan yang paling menyedihkan ( ! ) , ruang ruang Istana dikapling jadi kios kios souvenis juga ..  mudah 2 an bukan untuk menopang kehidupan anak keterunan Sulatan Deli !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar